Senin, 24 Juli 2017

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD KTSP

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD KTSP-Kami berupaya membantu para guru Bahasa Indonesia dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas Kelas mata pelajaran Bahasa Indonesia kususnya kelas 1 SD berikut kami berikan contoh-contoh laporan  PTK Bahasa Indonesia Kelas 1 SD lengkap yang telah disusun oleh para pengembang kurikulum tingkat propinsi. Untuk dijadikan contoh atau referensi guru dalam penyusunan PTK Bahasa Indonesia tingkat provinsi masing masing.

PTK dibuat dengan maksud dan tujuan agar dari penyusunan laporan penelitian tindakan kelas Bahasa Indonesia SD ini adalah untuk memberikan informasi beberapa temuan yang telah diperoleh sehingga dapat dijadikan bahan kajian rekan-rekan guru dalam menyampaikan bahan mapel Bahasa Indonesia SD khususnya Kelas 1 SD, dengan materi PTK Bahasa Indonesia SD proses ajar akan lebih berjalan dan siswa diharapkan dapat memahami pembelajaran  lebih cepat.

Saat ini Kurikulum KTSP masih banyak digunakan di sekolah laporan PTK mapel Bahasa Indonesia masih memiliki bebagai kekurangan. Mulai saat ini Kurikulum 2013 (Kurtilas) harus diterapkan. Namun demikian, diharapkan semoga laporan PTK Bahasa Indonesia SD ini memiliki manfaat yang sebesar-besarnya dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah turut aktif dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam penyusunan laporan PTK. Semoga kebaikannya dapat diterima Tuhan.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel bahasa indonesia yang diberi judul  “Meningkatkan Kemampuan Dalam Memahami Isi Bacaan dengan Latihan Membaca Lancar Serta Memperhatikan Tanda-Tanda Baca dan Intonasi yang Benar, dengan alat bantu Teks Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 2 SD Negeri”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK Bahasa Indonesia Kelas I SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format PESAN PTK 001 SD).

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD

BAB I
PENDAHULUAN 


A. Latar Belakang Masalah 
Didalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional telah dirumuskan fungsi sekolah yang digabung dengan tujuan pendidikan nasional adalah sebagai berikut. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yag bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Contoh PTK Bahasa SD.
Pembangunan nasional yang sedang dilaksanakan bertujuan untuk membangun manusia Indonesia yang seutuhnya. Ini berarti bahwa pembangunan mempunyai jangkauan yang luas dan jauh. Berhasil tidaknya program pembangunan faktor manusia memegang peranan yang sangat penting. Penelitian tindakan kelas Bahasa. Untuk pembangunan ini diperlukan manusia yang berjiwa pemikir, kreatif dan mau bekerja keras, memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta memiliki sifat positif terhadap etos kerja. Kurikulum KTSP dan 2013.
Sekolah sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan yang sangt penting dan menonjol dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu pendidikan di sekolah memegang peranan penting dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara optimal dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara optimal seperti yang diharapkan. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan. PTK dalam bentuk Word Dalam proses belajar mengajar tersebut guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. dowonload pdf PTK Bahasa Indonesia Kelas 1.
Bahasa Indonesia sebagai salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa untuk mengembangkan bahasa di samping aspek penalaran dan hafalan sehingga pengetahuan dan informasi yang diterima siswa sebatas produk bahasa dan satra. Sifat materi pelajaran Bahasa Indonesia tersebut membawa konsekuensi terhadap proses belajar mengajar yang didominasi oleh pendekatan eksperimental, terutama guru menggunakan metode  eksperiman, ceramah maupun tanya  jawab terjadi dialog imperatif. Gratis Penelitian tindakan kelas (PTK) Padahal dalam proses belajar mengajar keterlibatan siswa secara totalitas, artinya melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor (keterampilan, salah satunya sambil menulis). Jadi dalam proses belajar mengajar, seorang guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yng dapat dilihat, memberi kesempatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau tangapan, sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukkan proses belajar mengajar yang interaktif. Jasa pembuatan PTK.
Sebagai seorang guru yang professional hendaknya dapat memilih dan menerapkan metode yang efektif agar materi yang dipelajari oleh siswa dapat dipahami dengan baik serta dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian tindakan kelas Sekolah Dasar.
Penguasaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang karena menurut data terakhir semester II tahun daya serap siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi keperluan hanya 65 %, berdasarkan data tersebut maka guru akan mencari masalah-masalah yang mengganggu dan menghambat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran tersebut sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi dan hasil belajar siswa, perbaikan pembelajaran bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412) pada program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka. contoh proposal PTK Bahasa Indonesia SD.
Susunan laporan ini berdasarkan catatan yng dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2, maka laporan ini disusun dengan sistematika secara garis besar meliputi Pendahuluan, perencanaan perbaikan, pelaksanaan, temuan dan kesimpulan. Laporan PTK.

DOWNLOAD PTK DALAM BENTUK WORD

BAB II
PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 

A. Identifikasi Masalah 
Proses belajar mengajar kelas 1 Sekolah Dasar  terhadap pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi pelajaran membaca dalam 2 kali ulangan rata – rata hanya 5 siswa dari 25 siswa yang mencapai penguasaan materi sebesar 70% ke atas. Selama pembelajaran berlangsung siswa tidak termotivasi untuk penjelasan guru karena guru dalam mengajar tidak melibatkan siswa secara aktif, bahkan sering guru memberi pertanyaan pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan metode yang sesuai dan menarik perhatian siswa. PTK terbaru kurikulum 2013
Pada umumya siswa sekolah dasar kurang berminat terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia karena dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena harus membaca  dan menghafalkan materi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yng dilaksanakan. contoh referensi PTK KTSP Dari hasil diskusi dengan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu : 
1. Siswa mempunyai anggapan bahwa Bahasa Indonesia lam merupakan mata pelajaran yang membosankan untuk dipelajari 
2. Siswa tidak berani bertanya dan cenderung pasif 
3. Pengetahuan dan informasi yang diterima siswa masih sebatas produk hafalan
4. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
5. Guru sering tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai 
6. Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru 
Berangkat dari masalah – masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada diri siswa contoh BAB 4 PTK Bahasa Indonesia
B. Analisis dan Rumusan Masalah
Ketiga temuan tersebut merupakan alternatif dari sekian banyak temuan yang muncul selama pembelajaran belangsung. Atas dasar temuan permasalahan itu penulis dapat merumuskan masalah dalam pembelajaran yaitu:
C. Mengapa siswa belum dapat memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring ?

BACA Juga

DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SD KURIKULUM 2013 LENGKAP



D. Mengapa siswa tidak dapat memahami teks bacaan?
E. Alat peraga apa yang digunakan ?
Dari latar belakang yang telah dikemukakan maka penelitian ini bertujuan untuk : 
1. Mendeskripsikan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan Bahasa Indonesia pada materi membaca 
2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi membaca   
3. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia 
Proses penulisan laporan dimulai dengan adanya masalah yang dirasakan dalam pembelajaran. Langkah menemukan masalah dilanjutkan dengan mengidentifikasi masalah, menganalisis dan merumuskan masalah, kemudian merencanakan PTK dalam bentuk perbaikan, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Adapun manfaat dari perbaikan pembelajaran adalah : 
1. Bagi siswa adalah dapat memahami materi pokok yang diajarkan 
2. Bagi pembelajaran guru adalah mempunyai kemampuan melakukan langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas (PTK), sehingga guru dapat membiasakan diri melakukan perbaikan pembelajaran di dalam kelas untuk mencapai ketuntasan belajar siswa 
3. Bagi sekolah adalah dapat meningkatkan kualitas sekolah di masyarakat sehinga sekolah   dapat berkembang  secara dinamis seiring kebutuhan masyarakat luas    

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEKOLAH DASAR

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN 


Kesimpulan 
Berdasarkan hasil pengolahan data dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaa metode pendekatan whole language sesuai dengan materi membaca lancar dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Saran 
Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut diatas beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran Bahasa Indoensia kepada siswa agar memperoleh hasil yang memuaskan adalah : 
1. Penggunaan alat peraga yang sesuai dengan materi pelajaran 
2. Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran 
3. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa guru di harapkan dapat memanfaatkan dan menggunakan metode yang sesuai 



DAFTAR PUSTAKA 

Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya 
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
SK dan KD Mata pelajaran Bahasa Indonesia 
Darisman, 2006, Buku Bahasa Indonesia Kl II, Jakarta : Yudistira
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia  



Terima kasih telah berkunjung di yang membahas Contoh PTK Bahasa Indonesia Kelas 1 SD KTSP. Semoga PTK bahasa indonesia ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar