Selasa, 21 November 2017

PTK SD MATEMATIKA KELAS 2 KURIKULUM TERBARU

PTK SD MATEMATIKA KELAS 2 TERBARU-Dalam penyusunan PTK masalah utama dalam adalah rendahnya ketrampilan serta pemahaman materi peserta didik pada mapel  Matematika pda kompetensi dasar pengukuran di SD Tahun  ajaran 2011, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika tentang pengukuran pada siswa kelas II semester 1 contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf.

Proses belajar mengajar  yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas saat ini menggunakan metode ceramah, metode ini  mebuat guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan rata-rata nilai 50 KKM ~ 60 dari jumlah peserta didik 27 peserta didik yang mengalami ketuntasan dalam pembelajaran 6 siswa dan yang belum tuntas dalam pembelajaran 21 siswa. Rumusan ptk sd kelas 2 masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah alat peraga benda konkrit dengan alat peraga penggaris panjang dan jam-jaman dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika tentang pengukuran pada peserta didik kelas II SD  2011/2012 ?”.

Penelitian ptk matematika  semester I menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 Siklus. Siklus I dan Siklus II dilaksanakan masing-masing dengan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menganalis kuantitatif dengan menggunakan teknik Diskriptif Kooperatif yaitu dengan membandingkan skor nilai tes kondisi awal, tes siklus I dan tes siklus II.

Hasil Penelitian tindakan kelas II sd terbaru menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari tiap-tiap siklus. contoh dan download ptk matematika sd kelas 2  dalam peningkatan hasil belajar terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal penlitan PTK matematika sd terbaru 6 peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 50,  sedangkan penelitian PTK kurikulum  terbaru pada siklus I terdapat 21 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II ptk sd dalam bentuk word dan pdf memiliki ketuntasan belajar mencapai 27 peserta didik atau 100% dengan rata-rata nilai 74. Dengan demikian ptkk matematika sd kelas II menjadikan hasil belajar peserta didik kelas II semester 1 SD Tahun 2011/2012 pada mata pelajaran matematika tentang pengukuran yang menggunakan alat peraga benda konkrit dapat meningkat. Maka terkait ptk matematika sd kurikulum terbaru adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit merupakan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika agar pembelajaran tidak monoton menggunakan metode ceramah. Contoh ptk ptk matematika sd doc.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas Mapel matematika SD semester 1 kelas 2 SD yang diberi judul “Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran Pada Siswa Kelas II Semester 1 SD Tahun ajaran 2011/2012"”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK Matematika kelas 2 terbaru lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK Harga Perjudul 170.000 (SMS ke 0856-42-444-991 dengan Format (PESAN JUDUL PTK).

CONTOH  PTK MATEMATIKA SD LENGKAP

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang, juga oleh suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya.  Demikian halnya dengan Indonesia, menaruh harapan yang sangat besar terhadap pendidikan dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena contoh ptk sd kelas 2 kurikulum ktsp lengkap dari sanalah bangsa menaruh masa depan tunas-tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus akan dibentuk.

Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi yang sangat besar bagi jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya. Hal ini akan membutuhkan modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih tidak menyadari dan masih ngotot memproblemkan (mempermasalahkan) pada hal¬hal yang klasik, dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Contoh lengkap ptk matematika pdf Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu dari mana mesti harus diawali.

Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) sampai saat ini masih jauh dari apa yang kita harapkan. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya kami lakukan dalam penelitian ini. salah satunya adalah ketrampilan menggunakan alat ukur. Dengan harapan siswa dapat benar-benar menguasai materi. Selain itu upaya yang akan kami lakukan ini yaitu penggunaan alat peraga benda-benda kongkrit dan untuk menyampaikan meteri tentang pengukuran kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa. Download contoh ptk matematika sd terbaru.

Contoh ptk matematika sd doc berdasarkan nilai ulangan harian Matematika, setelah dianalisis ternyata ditemukan beberapa hal yang menyebabkan nilai ulangan harian Metematika sangat rendah diantaranya adalah pembelajaran Matematika di kelas yang dilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional. Dalam pembelajaran Matematika masih terlalu informatif di bawah dominasi guru, sehingga Matematika dianggap sebagai pelajaran yang membosankan.

Kecenderungan pembelajaran Matematika di adalah: siswa hanya mempelajari Matematika sebagai produk, menghafalkan konsep, dan teori. Pembelajaran yang digunakan dalam kelas adalah menggunakan metode ceramah dan peran siswa masih kurang, sehingga menyebabkan siswa hanya pasif dalam proses belajar mengajar. Contoh lengkap PTK semester I SD. Dalam proses belajar mengajar Matematika guru juga belum memanfaatkan media belajar atau alat peraga secara optimal, hal ini menjadikan siswa kesulitan dalam penguasaan materi pembelajaran Matematika yang disampaikan oleh guru. Tidak optimalnya guru dalam penggunaan media pembelajaran dikarenakan banyak media alat peraga yang dimiliki sekolah sudah rusak atau hilang. 

Berdasarkan uraian pelaksanaan pembelajaran tersebut maka guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misalnya media pembelajaran yang akan digunakan di sini adalah media benda-benda konkrit sebagai alat peraga dalam penyampaian materi Matematika tentang Pengukuran. kami menyedikan juga ptk metematika kelas 6 doc

1.2. Identifikasi Masalah Download Proposal ptk matematika sd 
Berdasarkan latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1). Pembelajaran masih bersifat konvensional.
2). Dalam pembelajaran Matematika masih terlalu informatif di bawah dominasi guru, sehingga Matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan.
3) Pembelajaran yang digunakan dalam kelas adalah metode ceramah dan peran siswa masih kurang.
4.) Pemanfaatan alat peraga benda konkrit oleh guru dalam pembelajaran Matematika belum optimal.
5) Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya terdapat 22% yang tuntas dalam pembelajaran Matematika ord
6) Siswa kesulitan dalam penguasaan materi pelajaran Matematika yang disampaikan oleh guru.

1.3. Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan hasil dari proses pembelajaran, refleksi pembelajaran, diskusi dengan teman sejawat dan hasil konsultasi dari supervisor diperoleh hal-hal yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa tentang Pengukuran pada kelas II semester 1 SD  tahun pelajaran 2011/2012 adalah :
1. Pada proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang konkrit guna peningkatan ketrampilan siswa.

1.4. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang batasan masalah yang telah diuraikan, maka diambil rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Download ptk matematika sd terbaru
” Apakah Pen ggunaan alat peraga benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri ”

1.5. Tujuan Pen elitian
Penelitian ini bertujuan agar pemanfaatan alat peraga benda-benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika tentang pengukuran di Kelas II semester 1 SD Negeri meningkat sesuai dengan kriteria ketuntasan minial yang di harapkan.

1.6. Manfaat Penelitian
1.6.1. Manfaat Teoritis
a. Memberikan kontribusi terhadap pengembangan pengetahuan mengenai peningkatan hasil belajar melelui penggunaan alat peraga benda konkrit.
b. Sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.
1.6.2. Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi:
a. SDN 3 ......
Dengan hasil penelitian ini diharapkan siswa kelas II semester 1 SD Negeri 3 ...... Kecamatan ...... Kabupaten ...... dapat lebih meningkatkan ketrampilan dalam menggunakan alat ukur dan prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain. ptk matematika sd kelas 2 pdf
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan alat ukur dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan prestasi belajarnya.

PTK MATEMATIKA SD KURIKULUM 2013 TERBARU

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1. Kajian Teori
2.1.1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti ajaran, pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah-kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Direkdikdas: 1994 ) Proposal ptk matematika sd kurikulum 2013 word

2.1.2. Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha(berlatih) supaya mendapat suatu kepandaian (Purwadarminta: 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.

2.1.3. Hasil Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995: 787). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995: 14). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru.  PTK matematika sd kelas 3 Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.

2.1.4. Teknik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (Purwadarminta: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan

2.1.5. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Contoh ptk ptk matematika sd doc Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Gagne menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Asosiasi Pendidikan Nasional menyatakan bahwa media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya (Arief S. Sadiman, dkk, 2008). Lesle J. Briggs berpendapat bahwa media adalah alat untuk member perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Download ptk matematika sd terbaru Brown mengatakan bahwa media yang digunakan guru atau siswa dengan baik dapat mempengaruhi efektifitas proses belajar dan mengajar (Ridha Sarwono, 2008).

Media dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu:
1) Media visual: yaitu media yang hanya dilihat, seperti foto, gambar, grafik.
2) Media Audio: adalah media yang hanya dapat didengar saja, seperti radio, MP3 player, ipod.
3) Media Audio Visual: yaitu media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti film bersuara, video, televisi.
4) Multimedia: yaitu media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti suara, animasi, video, dan film.
5) Media realita: yaitu semua media nyata yang ada di lingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun diawetkan, seperti tumbuhan, batuan, binatang, air, sawah, dan sebagainya. Download Proposal ptk matematika sd word

Media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Pengguaan media dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar, meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkan motifasi belajar siswa (Ridha Sarwono, 2008). Secara umum media mempunyai kegunaan memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata atau lisan belaka); mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra; menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar; memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama; memungkinkan anak didik belajar mandiri menurut kemampuan dan minatnya (Arief S. Sadiman, dkk, 2008). Contoh ptk sd kelas 2 kurikulum 2013

Kriteria dalam memilih media pelajaran adalah sebagai ketepatan dengan tujuan pengajaran; dukungan terhadap isi bahan pelajaran; adanya media bahan pelajaran lebih mudah dipahami siswa; media yang dipergunakan mudah diperoleh, murah, sederhana, dan praktis penggunaannya; keterampilan guru menggunakan media dalam proses pengajaran; tersedia waktu untukmenggunakannya, sehinggan media tersebut dapat dimanfaatkan siswa selama pengajaran berlangsung; sesuai dengan taraf berpikir siswa (Arief S. Sadiman,dkk, 2008). Contoh ptk ptk matematika sd doc
Media Pembelajaran sangat berperan dalam PBM. Media pembelajaran dapat mempertinggi PBM siswa yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi proses belajar yang dicapai. Ada beberapa alasan mengapa media pembelajaran mempertinggi PBM. Alasan pertama berkenaan dengan manfaat media pengajaran yang antara lain pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motifasi belajar, bahan akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami oleh siswa dan memungkinkan menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak merasa bosan. Contoh ptk matematika sd kelas 2 pdf Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru saja. Alasan kedua adalah berkenaan dengan taraf berpikir siswa, taraf berpikir manusia mengikuti tahap pekembangan mulai dari berpikir sederhana menuju berpikir kompleks. Melalui media pembelajaran, hal-hal yang abstrak dapat dikonkretkan dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan (Nana Sudjana, 2001). Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objek dari matematika adalah benda-benda pikiran yang sifatnya abstrak. Berarti objek matematika tidak dapat ditangkap /diamati dengan panca indera. Dengan demikian tidak mengherankan jika matematika tidak mudah difahami oleh sebagian siswa SD/ MI. Benda¬benda pikiran yang bersifat abstrak tersebut dapat berasal dari benda-benda nyata yang sifatnya konkrit dengan melalui abstraksi dan idealisasi. Dengan demikian hal yang abstrak tersebut dapat dikurangi keabstakkannya dengan menggunakan model-model benda kongkrit. Download Proposal ptk matematika sd word Model benda nyata yang digunakan untuk mengurangi keabstrakan materi matematika tersebut dinamakan alat peraga pembelajaran matematika.

Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai suatu perangkat benda konkrit yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan alat peraga hal-hal yang abstrak itu dapat disajikan dalam bentuk model-model berupa benda konkrit yang dapat dilihat, dipegang diputarbalikkan sehingga mudah difahami. Sekurang-kurangnya dalam hasil belajar siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Contoh ptk ptk matematika sd doc

CONTOH PROPOSAL PTK MATEMATIKA KELAS 2 SD

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Setting Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan yaitu bulan September s/d bulan Nopember 2011. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2011/2012.
Rincian kegiatan penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
a. Persiapan
b. Koordinasi persiapan tindakan
c. Pelaksanaan (perencanaan,tindakan ,monitoring dan evaluasi,serta reflksi )
d. Penyusunan laporan penelitian Download ptk matematika sd terbaru
e. Seminar hasil laporan
f. Penyempurnaan laporan berdasarkan masukan seminar
g. Penggandaan dan pengiriman laporan ppenelitian.

3.1.1. Subyek Penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas II SD Negeri jumlah siswa 27 orang. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitian tersebut dimana siswa kelas II belum mampu dan memiliki kemandirian dalam memahami koonsep-konsep yang abstrak sehingga perlu dengan adanya alat peraga yang nyata dan sering di jumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Proposal ptk matematika sd kelas 2 pdf Disamping itu penulis juga mengajar di kelas II ,

3.1.2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri  penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan peneliti bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis sebagai pendidik.

3.1.3. Waktu Pelaksanaan Penelitian
Proses pelaksanaan Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut :

3.1.4. Karakteristik Siswa
Karakteristik siswa Kelas II SD Negeridapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Jumlah Siswa 27, yaitu laki-laki sebanyak 11 Siswa dan perempuan sebanyak 16 Siswa. Download ptk matematika sd terbaru
b. Siswa yang tergolong pandai 5 siswa
c. 13 siswa berkemampuan rata-rata
d. 9 siswa berkemampuan rendah
Berdasarkan karakteristik siswa seperti tersebut di atas, dapat dikemukakan bahwa dalam proses pembelajaran yang berlangsung setiap hari hanya siswa-siswa yang tergolong pandai saja yang biasanya aktif dan siswa yang berkemampuan rendah biasanya sangat tergantung pada siswa lain yang aktif.

3.2. Variabel Penelitian
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dimaksud adalah pemilihan dan perumusan masalah. Download Proposal ptk matematika mi word Persoalan Penelitian merupakan persoalan yang berhubungan dengan variable-variabel penelitian. Variabel dalam penelitian tindakan kelas berupa variabel input, variabel proses, dan variabel output.
Variabel input terdiri dari peserta didik, guru, bahan ajar, sumber bahan, prosedur evaluasi, dan lingkungan belajar.
Variabel proses pelaksanaan pembelajaran seperti interaksi pembelajaran, ketrampilan bertanya, gaya mengajar guru, cara belajar peserta didik, dan implementasi bebagai metode mengajar di kelas.
Variabel output seperti rasa keingintahuan peserta didik, kemampuan peserta didik mengimplementasikan pengetahuan, motivasi belajar peserta didik, hasil belajar peserta didik, sikap terhadap pengalaman mengajar yang dilaksanakan melalui tindakan perbaikan.

Pada penelitian ini variabel inputnya adalah materi pelajaran matematika kelas II semester 1 tahun pelajaran 2010 /2011. Contoh ptk ptk matematika mi doc Variabel prosesnya berupa penggunaan alat peraga benda konkrit dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Sedangkan variabel outputnya adalah hasil meningkatkan hasil belajr peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Pengukuran dengan menggunakan alat peraga benda konkrit.


PROPOSAL PTK MATEMATIKA MI LENGKAP

DAFTAR PUSTAKA


Djoko Iswaji. (2003).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SD
Nasution, Noehi. (2004). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pahyono. (2004), Materi TOT Guru Pemandu Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.
Setiawan, Denny, dkk. (2004), Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka..
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2006). Kurukulum Sekolah Dasar . Jakarta: Depdiknas Prayitno, Edi. (2006), Materi TOT Funsional. Jakarta: LPMP
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada


Terima kasih telah berkunjung di Asri Yulian Blog yang membahas Contoh PTK matematika SD dan MI II. Semoga PTK matematika ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.

0 komentar:

Posting Komentar